KEBIJAKAN PRIVASI YUKOM CHAT

1. Pengantar

Kebijakan Privasi ini mengatur bagaimana kami, PT. Unggul Cipta Teknologi (“UCT”), menggunakan dan melindungi data pribadi Anda yang Anda berikan kepada kami, atau yang diperoleh atau dihasilkan oleh kami, sehubungan dengan penggunaan Anda atas layanan pesan berbasis cloud (“YUKOM CHAT”). Untuk tujuan Kebijakan Privasi ini, 'kami' mengacu pada UCT, dan 'Anda' mengacu pada Anda, pengguna YUKOM CHAT.

1.1. Aplikasi Pihak Ketiga

YUKOM CHAT adalah aplikasi berkirim pesan yang menggunakan kode sumber Telegram Messenger Inc. (“Telegram”) dan karenanya terdiri dari 2 platform kirim pesan, yaitu Telegram dan VMA. Semua data pribadi yang dimasukkan atau dihasilkan di Telegram akan disimpan di server Telegram dan karenanya mengikuti Kebijakan Privasi Telegram.

1.2. Platform VMA

Fungsi utama YUKOM CHAT adalah untuk memungkinkan pengguna yang menggunakan aplikasi YUKOM CHAT di telepon seluler (ponsel) pintar mereka untuk mengirim dan menerima pesan dengan perangkat elektronik kelautan UCT yang disebut Vessel Multi Aid (VMA).


2. Dasar Hukum Untuk Memproses Data Pribadi Anda

Kami memproses data pribadi Anda dengan alasan bahwa pemrosesan tersebut diperlukan untuk memajukan kepentingan sah kami (termasuk menyediakan layanan yang efektif dan inovatif di YUKOM CHAT untuk pengguna kami), kecuali jika kepentingan tersebut dikesampingkan oleh kepentingan Anda atau hak dan kebebasan mendasar yang memerlukan perlindungan pribadi. data.


3. Data Pribadi Apa Saja Yang Kami Gunakan

3.1. Akun Data Dasar

Untuk menggunakan layanan YUKOM CHAT, Anda memberikan akun google dan nomor telepon Anda untuk membuat akun Telegram atau masuk menggunakan akun Telegram yang ada. UCT hanya akan menyimpan informasi akun google Anda yang sesuai di server kami untuk menghasilkan ID CHAT YUKOM yang unik, yang akan menjadi pengidentifikasi unik untuk menggunakan platform VMA.

3.2. Galeri dan Kamera

Akses galeri dan kamera diminta di YUKOM CHAT untuk memungkinkan pengguna YUKOM CHAT memindai kode QR yang tertulis di Multi Aid Kapal untuk mengambil ID YUKOM CHAT unik perangkat itu sendiri. Dengan melakukan itu, pengguna dapat menambahkan perangkat itu sebagai salah satu kontaknya di platform VMA mereka. Pengguna juga dapat membagikan ID YUKOM CHAT dari perangkat tersebut melalui cara lain sehingga pengguna YUKOM CHAT lainnya dapat menambahkan perangkat seperti pada kontaknya di platform VMA mereka.

3.3. Cloud Obrolan

Platform VMA YUKOM CHAT adalah layanan cloud yang hanya dapat mengirim dan menerima pesan teks, dan tidak menyimpan pesan dari obrolan cloud Anda di server kami kecuali penerima tidak menerima pesan Anda karena offline, maka kami akan menyimpan pesan tersebut hingga 24 jam dan mengirimkannya secara otomatis ke penerima jika mereka online. Semua obrolan lainnya dihapus secara otomatis di server kami setelah dikirim.

3.4. Data Lokasi

Platform VMA YUKOM CHAT tidak mengumpulkan atau menyimpan semua jenis data lokasi.


4. Menjaga Keamanan Data Pribadi Anda

4.1. Penyimpanan Data

Data Anda disimpan di server dan jaringan UCT yang terletak di kantor pusat UCT. Semua data disimpan dengan sangat terenkripsi sehingga insinyur UCT lokal atau penyusup fisik tidak dapat mengaksesnya.

4.2. Penyimpanan

Kecuali dinyatakan lain dalam Kebijakan Privasi ini, data pribadi yang Anda berikan kepada kami hanya akan disimpan selama diperlukan bagi kami untuk memenuhi kewajiban kami sehubungan dengan layanan YUKOM CHAT.


5. Tidak Ada Iklan Berdasarkan Data Pengguna

Kami tidak menggunakan data Anda untuk penargetan iklan atau tujuan komersial lainnya. YUKOM CHAT hanya menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk berfungsi sebagai layanan pesan berbasis cloud.


6. Dengan Siapa Data Pribadi Anda Dapat Dibagikan

6.1. Pengguna YUKOM CHAT lain

Pengguna YUKOM CHAT lain yang Anda pilih untuk berkomunikasi dan berbagi informasi tertentu. Perhatikan bahwa dengan memilih untuk berkomunikasi dengan pengguna YUKOM CHAT lainnya, Anda menginstruksikan kami untuk mentransfer data pribadi Anda, atas nama Anda, kepada pengguna tersebut sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

6.2. Telegram

YUKOM CHAT menggunakan kode sumber Telegram, yang berarti bahwa semua data pribadi yang dimasukkan atau dihasilkan di platform Telegram YUKOM CHAT akan diproses dan disimpan di server Telegram. Kebijakan Privasi Telegram dapat ditemukan di sini di https://telegram.org/privacy .

6.3. Otoritas Penegak Hukum

Jika YUKOM CHAT menerima perintah pengadilan yang menegaskan bahwa Anda adalah tersangka teror, kami dapat mengungkapkan akun google Anda kepada pihak berwenang terkait.


7. Hak Anda Mengenai Data Pribadi yang Anda Berikan kepada Kami

7.1. Hak Anda

Berdasarkan undang-undang perlindungan data yang berlaku, dalam keadaan tertentu, Anda memiliki hak terkait data pribadi Anda. Anda berhak untuk: (1) meminta salinan semua data pribadi Anda yang kami simpan dan mengirimkan salinan tersebut ke pengontrol data lain; (2) menghapus (lihat bagian 8 di bawah) atau mengubah data pribadi Anda; (3) membatasi, atau menolak, pemrosesan data pribadi Anda; (4) memperbaiki data pribadi Anda yang tidak akurat atau tidak lengkap yang kami simpan; dan (5) mengajukan keluhan kepada otoritas perlindungan data nasional mengenai pemrosesan data pribadi Anda oleh kami.

7.2. Menjalankan Hak Anda

Jika Anda ingin menggunakan salah satu dari hak-hak ini, silakan hubungi kami menggunakan perincian di bagian 10 di bawah ini.


8. Menghapus Akun dan Data Pribadi Anda

Jika Anda ingin menghapus akun Anda, Anda dapat melakukannya dengan menghubungi kami menggunakan rincian di bagian 10 di bawah ini dan kami tidak hanya akan menghapus Akun Anda tetapi semua data pribadi Anda.


9. Perubahan pada Kebijakan Privasi ini

Kami akan meninjau dan dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Setiap perubahan pada Kebijakan Privasi ini akan menjadi efektif ketika kami memposting Kebijakan Privasi yang telah direvisi di halaman ini https://uct.co.id./privacy/ychat . Silakan periksa situs web kami sesering mungkin untuk melihat pembaruan atau perubahan apa pun pada Kebijakan Privasi kami.


10. Pertanyaan dan Kekhawatiran

Jika Anda mempunyai pertanyaan tentang kebijakan privasi dan kebijakan data kami, silahkan hubungi kami di info@yukom.id.


KEBIJAKAN PRIVASI TELEGRAM

1. Pengantar

Kebijakan Privasi ini menetapkan bagaimana kami, Telegram Messenger Inc. (“Telegram”), menggunakan dan melindungi data pribadi Anda yang Anda berikan kepada kami, atau yang diperoleh atau dihasilkan oleh kami, sehubungan dengan penggunaan Anda atas layanan berbasis cloud kami. layanan pesan (“Layanan”). Untuk tujuan Kebijakan Privasi ini, 'kami', 'kami' dan 'milik kami' mengacu pada Telegram, dan 'Anda' mengacu pada Anda, pengguna Layanan.

1.1 Prinsip Privasi

Telegram memiliki dua prinsip dasar dalam hal pengumpulan dan pemrosesan data pribadi: Kami tidak menggunakan data Anda untuk menampilkan iklan kepada Anda. Kami hanya menyimpan data yang dibutuhkan Telegram untuk berfungsi sebagai layanan perpesanan yang aman dan kaya fitur.

1.2. Syarat Layanan

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari Ketentuan Layanan kami, yang menjelaskan ketentuan di mana Anda menggunakan Layanan kami dan yang tersedia di https://telegram.org/tos. Oleh karena itu, Kebijakan Privasi ini harus dibaca bersama dengan persyaratan tersebut.

1.3. Daftar Isi

Kebijakan Privasi ini menjelaskan hal-hal berikut: dasar hukum untuk memproses data pribadi Anda; data pribadi apa yang mungkin kami kumpulkan dari Anda; bagaimana kami menjaga keamanan data pribadi Anda; untuk apa kami dapat menggunakan data pribadi Anda; dengan siapa data pribadi Anda dapat dibagikan; dan hak Anda mengenai data pribadi Anda.

1.4. Perwakilan EEA

Jika Anda tinggal di negara di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), Layanan disediakan oleh Telegram, yang untuk tujuan undang-undang perlindungan data yang berlaku adalah pengontrol data yang bertanggung jawab atas data pribadi Anda saat Anda menggunakan Layanan kami. Namun, karena Telegram berlokasi di luar EEA, kami telah menunjuk salah satu perusahaan grup kami yang berbasis di EEA, Telegram UK Holdings Ltd (71-75 Shelton Street, Covent Garden, London, Inggris, WC2H 9JQ), sebagai perwakilan kepada siapa Anda dapat mengarahkan masalah apa pun yang Anda miliki terkait dengan pemrosesan data pribadi Anda oleh kami.


2. Legal Ground for Processing Your Personal Data

Kami memproses data pribadi Anda dengan alasan bahwa pemrosesan tersebut diperlukan untuk memajukan kepentingan sah kami (termasuk: (1) menyediakan Layanan yang efektif dan inovatif kepada pengguna kami; dan (2) untuk mendeteksi, mencegah, atau mengatasi penipuan atau masalah keamanan sehubungan dengan ketentuan Layanan kami), kecuali jika kepentingan tersebut ditimpa oleh kepentingan Anda atau hak dan kebebasan mendasar yang memerlukan perlindungan data pribadi.


3. Data Pribadi Apa yang Kami Gunakan

3.1. Data Akun Dasar

Telegram adalah layanan komunikasi. Anda memberikan nomor telepon seluler (ponsel) dan data akun dasar Anda (yang mungkin termasuk nama profil, gambar profil, dan informasi tentang) untuk membuat akun Telegram.

Untuk memudahkan kontak Anda dan orang lain untuk menghubungi Anda dan mengenali siapa Anda, nama layar yang Anda pilih, gambar profil Anda, dan nama pengguna Anda (jika Anda memilih untuk menyetelnya) di Telegram selalu bersifat publik. Kami tidak ingin tahu nama asli Anda, jenis kelamin, usia atau apa yang Anda suka.

Kami tidak mengharuskan nama layar Anda menjadi nama asli Anda. Perhatikan bahwa pengguna yang memiliki Anda di kontak mereka akan melihat Anda dengan nama yang mereka simpan dan bukan dengan nama layar Anda. Dengan cara ini ibu Anda dapat memiliki nama umum 'Johnny Depp' saat tampil sebagai 'Ibu' bagi Anda dan sebagai 'Bos' bagi bawahannya di tempat kerja (atau sebaliknya, tergantung pada bagaimana hubungan ini disusun).

3.2. Alamat email Anda

Saat Anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk akun Anda atau menyimpan dokumen menggunakan fitur Telegram Passport, Anda dapat memilih untuk mengatur email pemulihan kata sandi. Alamat ini hanya akan digunakan untuk mengirimi Anda kode pemulihan kata sandi jika Anda lupa. Itu benar: tidak ada pemasaran atau omong kosong "kami merindukanmu".

3.3. Pesan Anda

3.3.1 Cloud Percakapan.

Telegram adalah layanan cloud. Kami menyimpan pesan, foto, video, dan dokumen dari obrolan cloud Anda di server kami sehingga Anda dapat mengakses data Anda dari perangkat mana pun kapan saja tanpa harus bergantung pada cadangan pihak ketiga. Semua data disimpan dengan sangat terenkripsi dan kunci enkripsi dalam setiap kasus disimpan di beberapa pusat data lain di yurisdiksi yang berbeda. Dengan cara ini insinyur lokal atau penyusup fisik tidak bisa mendapatkan akses ke data pengguna.

3.3.2. Obrolan Rahasia

Obrolan rahasia menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Ini berarti bahwa semua data dienkripsi dengan kunci yang hanya diketahui oleh Anda dan penerima. Tidak ada cara bagi kami atau orang lain tanpa akses langsung ke perangkat Anda untuk mempelajari konten apa yang dikirim dalam pesan tersebut. Kami tidak menyimpan obrolan rahasia Anda di server kami. Kami juga tidak menyimpan log apa pun untuk pesan dalam obrolan rahasia, jadi setelah beberapa saat kami tidak lagi tahu siapa atau kapan Anda mengirim pesan melalui obrolan rahasia. Untuk alasan yang sama, obrolan rahasia tidak tersedia di cloud — Anda hanya dapat mengakses pesan-pesan tersebut dari perangkat tujuan atau asal mereka.

3.3.3. Media dalam Obrolan Rahasia

Saat Anda mengirim foto, video, atau file melalui obrolan rahasia, sebelum diunggah, setiap item dienkripsi dengan kunci terpisah, tidak diketahui server. Kunci ini dan lokasi file kemudian dienkripsi lagi, kali ini dengan kunci obrolan rahasia — dan dikirim ke penerima Anda. Mereka kemudian dapat mengunduh dan menguraikan file tersebut. Ini berarti bahwa file tersebut secara teknis ada di salah satu server Telegram, tetapi tampaknya seperti sampah acak yang tidak dapat diuraikan untuk semua orang kecuali Anda dan penerima. Kami tidak tahu apa kepanjangan dari data acak ini dan kami tidak tahu milik obrolan tertentu. Kami secara berkala membersihkan data acak ini dari server kami untuk menghemat ruang penyimpanan.

3.3.4. Obrolan Publik

Selain pesan pribadi, Telegram juga mendukung saluran publik dan grup publik. Semua obrolan publik adalah obrolan awan (lihat bagian 3.3.1 di atas). Seperti semua yang ada di Telegram, data yang Anda poskan di komunitas publik dienkripsi, baik dalam penyimpanan maupun dalam perjalanan — tetapi semua yang Anda poskan di publik akan dapat diakses oleh semua orang.

3.4. Nomor Telepon dan Kontak

Telegram menggunakan nomor telepon sebagai pengidentifikasi unik sehingga mudah bagi Anda untuk beralih dari SMS dan aplikasi perpesanan lainnya dan mempertahankan grafik sosial Anda. Kami meminta izin Anda sebelum menyinkronkan kontak Anda.

Kami menyimpan kontak terbaru Anda untuk memberi tahu Anda segera setelah salah satu kontak Anda mendaftar ke Telegram dan untuk menampilkan nama dengan benar dalam notifikasi. Kami hanya memerlukan nomor dan nama (depan dan belakang) agar ini berfungsi dan tidak menyimpan data lain tentang kontak Anda.

Algoritma otomatis kami juga dapat menggunakan kumpulan nomor telepon yang dianonimkan untuk menghitung perkiraan jumlah kontak potensial yang mungkin dimiliki nomor telepon tidak terdaftar di Telegram. Saat Anda membuka antar muka 'undang teman', kami menampilkan statistik yang dihasilkan di sebelah kontak Anda untuk memberi Anda gambaran tentang siapa yang paling diuntungkan dari bergabung dengan Telegram.

Anda selalu dapat berhenti menyinkronkan kontak atau menghapusnya dari server kami di Pengaturan > Privasi & Keamanan > Pengaturan Data.

Jika Anda menggunakan Android, Telegram akan meminta izin untuk mengakses log panggilan telepon Anda (READ_CALL_LOG). Jika Anda memberikan izin ini, Telegram akan dapat memverifikasi akun Anda dengan mengirimkan panggilan telepon alih-alih meminta Anda memasukkan kode. Telegram menggunakan izin ini hanya untuk mengonfirmasi penerimaan panggilan konfirmasi dengan memverifikasi nomor di log panggilan.

3.5. Data Lokasi

Jika Anda berbagi lokasi dalam obrolan, data lokasi ini diperlakukan seperti pesan lain di cloud atau obrolan rahasia.

Jika Anda membagikan Lokasi Langsung Anda di obrolan apa pun atau mengaktifkan 'Jadikan Diri Saya Terlihat' di Orang Terdekat, Telegram akan menggunakan data Anda untuk menampilkan lokasi Anda kepada pengguna yang Anda ajak berbagi, bahkan saat aplikasi ditutup – selama saat Anda tetap mengaktifkan fitur opsional ini.

3.6. Rekam Jejak Aktifitas (Cookies)

Satu-satunya cookies yang kami gunakan adalah cookies untuk mengoperasikan dan menyediakan Layanan kami di web. Kami tidak menggunakan cookies untuk pembuatan profil atau iklan. Cookie yang kami gunakan adalah file teks kecil yang memungkinkan kami untuk menyediakan dan menyesuaikan Layanan kami, dan dengan demikian memberi Anda pengalaman pengguna yang lebih baik. Peramban Anda harus mengizinkan Anda untuk mengontrol cookies ini, termasuk apakah akan menerimanya atau tidak dan cara menghapusnya. Anda dapat memilih untuk memblokir cookies dengan browser web Anda, namun, jika Anda menonaktifkan cookies ini, Anda tidak akan dapat masuk ke Telegram Web.


4. Menjaga Keamanan Data Pribadi Anda

4.1. Menyimpan Data

Jika Anda mendaftar Telegram dari Inggris atau EEA, data Anda disimpan di pusat data di Belanda. Ini adalah pusat data yang disediakan pihak ketiga di mana Telegram menyewa ruang yang ditentukan. Namun, server dan jaringan yang berada di dalam pusat data ini dan tempat data pribadi Anda disimpan adalah milik Telegram. Karena itu, kami tidak membagikan data pribadi Anda dengan pusat data tersebut. Semua data disimpan dengan sangat terenkripsi sehingga teknisi Telegram lokal atau penyusup fisik tidak dapat mengaksesnya.

4.2. Data Terenkripsi Ujung-ke-Ujung

Pesan, media, dan file Anda dari obrolan rahasia (lihat bagian 3.3.2 di atas), serta konten panggilan Anda dan data yang Anda simpan di Telegram Passport hanya diproses di perangkat Anda dan di perangkat penerima. Sebelum data ini mencapai server kami, data ini dienkripsi dengan kunci yang hanya diketahui oleh Anda dan penerima. Meskipun server Telegram akan menangani data terenkripsi ujung-ke-ujung ini untuk mengirimkannya ke penerima – atau menyimpannya dalam kasus data Paspor Telegram, kami tidak memiliki cara untuk menguraikan informasi yang sebenarnya. Dalam hal ini, kami tidak menyimpan atau memproses data pribadi Anda, melainkan kami menyimpan dan memproses urutan simbol acak yang tidak memiliki arti tanpa kunci yang tidak kami miliki.

4.3. Penyimpanan

Kecuali dinyatakan lain dalam Kebijakan Privasi ini, data pribadi yang Anda berikan kepada kami hanya akan disimpan selama diperlukan bagi kami untuk memenuhi kewajiban kami sehubungan dengan penyediaan Layanan.

5. Memproses Data Pribadi Anda

5.1. Pelayanan Kami

Telegram adalah layanan cloud. Kami akan memproses data Anda untuk mengirimkan riwayat obrolan cloud Anda, termasuk pesan, media, dan file, ke perangkat apa pun yang Anda pilih tanpa perlu menggunakan cadangan pihak ketiga atau penyimpanan cloud.

5.2. Keselamatan dan keamanan

Telegram mendukung komunitas besar yang harus kami awasi dari penyalahgunaan dan pelanggaran Ketentuan Layanan. Telegram juga memiliki lebih dari 400 juta pengguna yang menjadikannya target yang menguntungkan bagi para spammer. Untuk meningkatkan keamanan akun Anda, serta untuk mencegah spam, penyalahgunaan, dan pelanggaran lain terhadap Ketentuan Layanan kami, kami dapat mengumpulkan metadata seperti alamat IP Anda, perangkat dan aplikasi Telegram yang Anda gunakan, riwayat perubahan nama pengguna, dll. Jika dikumpulkan, metadata ini dapat disimpan selama maksimal 12 bulan.

5.3. Spam dan Penyalahgunaan

Untuk mencegah phishing, spam, dan jenis penyalahgunaan lainnya serta pelanggaran Persyaratan Layanan Telegram, moderator kami dapat memeriksa pesan yang dilaporkan kepada mereka oleh penerimanya. Jika laporan spam pada pesan yang Anda kirim dikonfirmasi oleh moderator kami, akun Anda mungkin dibatasi untuk menghubungi orang asing – sementara atau permanen. Anda dapat mengirim banding menggunakan @Spambot. Dalam kasus pelanggaran yang lebih serius, akun Anda mungkin diblokir. Kami juga dapat menggunakan algoritma otomatis untuk menganalisis pesan di obrolan cloud untuk menghentikan spam dan phishing.

5.4. Fungsi Lintas Perangkat

Kami juga dapat menyimpan beberapa metadata gabungan untuk membuat fitur Telegram (lihat bagian 5.5 di bawah) yang berfungsi di semua perangkat Anda.

5.5. Fitur lanjutan

Kami mungkin menggunakan beberapa data agregat tentang bagaimana Anda menggunakan Telegram untuk membangun fitur yang berguna. Misalnya, ketika Anda membuka menu Pencarian, Telegram menampilkan orang-orang yang kemungkinan besar akan Anda kirimi pesan dalam kotak di bagian atas layar. Untuk melakukan ini, kami menghitung peringkat yang menunjukkan orang mana yang sering Anda kirimi pesan. Peringkat serupa dihitung untuk bot sebaris sehingga aplikasi dapat menyarankan bot yang kemungkinan besar akan Anda gunakan di menu lampiran (atau saat Anda memulai pesan baru dengan “@”). Untuk mematikan fitur ini dan menghapus data yang relevan, buka Pengaturan > Privasi & Keamanan > Pengaturan Data dan nonaktifkan "Sarankan Kontak yang Sering".

5.6. Tidak Ada Iklan Berdasarkan Data Pengguna

Tidak seperti layanan lain, kami tidak menggunakan data Anda untuk penargetan iklan atau tujuan komersial lainnya. Telegram hanya menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk berfungsi sebagai layanan cloud yang aman dan kaya fitur.

Telegram menawarkan alat bagi pengiklan untuk mempromosikan pesan mereka di saluran publik satu-ke-banyak, tetapi pesan bersponsor ini hanya didasarkan pada topik saluran publik tempat pesan tersebut ditampilkan. Tidak ada data pengguna yang ditambang atau dianalisis untuk menampilkan iklan atau pesan sponsor.


6. Pesan Bot

6.1. Ekosistem

Telegram memiliki API yang memungkinkan pengembang pihak ketiga membuat bot. Bot adalah aplikasi yang terlihat seperti pengguna Telegram khusus: Anda dapat berbicara dengan mereka dari daftar obrolan, menambahkannya ke grup, atau menggunakan antarmuka "sebaris" khusus untuk mengakses fitur mereka. Dengan melakukan salah satu tindakan ini, Anda akan mengirimkan beberapa data Anda ke masing-masing pengembang bot pihak ketiga.

6.2. Bagaimana Bot Dapat Menerima Data

Anda dapat mengirim data ke pengembang bot saat berinteraksi dengan bot mereka dengan salah satu cara berikut:

Dengan mengirim pesan ke bot.

Dengan menggunakan bot inline.

Dengan berpartisipasi dalam grup dengan bot.

Dengan menekan tombol dalam pesan yang dikirim oleh bot.

Dengan membayar barang dan jasa melalui bot (lihat bagian 7 di bawah).

6.3. Data Apa yang Diterima Bot

Dalam salah satu kasus di atas, pengembang pengguna otomatis (bot) bisa mendapatkan data akun publik Anda (lihat bagian 3.1 di atas): nama layar, nama pengguna, dan gambar profil Anda.

Bot juga dapat menerima data berikut saat Anda berinteraksi dengan mereka.

Bot jelas akan menerima pesan Anda saat Anda mengirimi mereka sesuatu.

Jika Anda mengklik tautan atau tombol yang disediakan oleh bot, bot berpotensi mendapatkan alamat IP Anda (asalkan ia mengontrol situs web yang menjadi tujuan tautan tersebut).

Jika bot adalah anggota dari grup yang sama dengan Anda, bot mungkin mengetahui bahwa Anda adalah anggota.

Saat Anda memulai pesan dengan nama pengguna bot sebaris (mis. @gif), antarmuka berubah sehingga semua yang Anda ketik menjadi kueri untuk bot itu. Kueri ini dikirim ke bot sehingga bot dapat menyediakan layanannya. Kami akan memperingatkan Anda tentang ini saat pertama kali Anda menggunakan bot inline.

Bot yang ditambahkan ke grup dapat beroperasi dalam dua mode: dengan akses ke pesan dalam grup atau tanpa akses. Jika bot memiliki akses ke pesan, ia dapat melihat semua yang terjadi di grup. Antarmuka dengan jelas menunjukkan apakah bot memiliki akses ke pesan dalam grup atau tidak.

6.4. Bot Tidak Dikelola oleh Telegram

Selain bot kami sendiri, tidak ada bot lain atau pengembang bot pihak ketiga yang berafiliasi dengan Telegram. Mereka sepenuhnya independen dari kami. Mereka harus meminta izin Anda sebelum mereka mengakses data Anda atau Anda menyediakannya untuk mereka.


7. Layanan Pembayaran Pihak Ketiga

7.1. Informasi Pembayaran

Platform Pembayaran untuk Bot tersedia untuk pengguna pada Telegram 4.0. Telegram tidak memproses pembayaran dari pengguna dan sebaliknya bergantung pada penyedia pembayaran yang berbeda di seluruh dunia. Ini adalah penyedia pembayaran yang menangani dan menyimpan rincian kartu kredit Anda. Baik Telegram maupun pedagang di platform (pengembang bot) tidak memiliki akses ke informasi ini. Meskipun kami bekerja dengan penyedia pembayaran, mereka sepenuhnya independen dari Telegram. Harap pelajari kebijakan privasi mereka yang relevan sebelum membuat data Anda tersedia untuk mereka.

7.2. Informasi Kartu Kredit

Saat melakukan pembelian, Anda memasukkan detail kartu kredit Anda ke dalam formulir yang disediakan oleh penyedia pembayaran yang akan memproses pembayaran, dan informasi ini langsung masuk ke server penyedia pembayaran. Informasi kartu kredit Anda tidak pernah mencapai server Telegram. Kami tidak mengakses dan tidak menyimpan informasi kartu kredit Anda. Saat Anda menyimpan info kartu kredit Anda, itu disimpan di server penyedia pembayaran masing-masing dan penyedia pembayaran memberi Telegram token yang dapat Anda gunakan kembali untuk pembayaran di masa mendatang. Tidak mungkin merekonstruksi informasi kartu kredit Anda dari token.

7.3 Informasi Pengiriman

Saat Anda memasukkan informasi pengiriman dalam proses pemesanan, kami mengirimkannya langsung ke pengembang bot pedagang. Kami dapat menyimpan informasi pengiriman Anda untuk Anda jika Anda memilih untuk menyimpannya untuk pembelian di masa mendatang. Kami akan segera menghapus informasi ini jika Anda memintanya.

7.4. Penghapusan Informasi Pembayaran

Anda dapat menghapus semua informasi pembayaran yang terkait dengan akun Anda kapan saja dengan membuka Pengaturan Telegram > Privasi & Keamanan > Pengaturan Data dan memilih 'Hapus Info Pembayaran & Pengiriman'. Jika Anda memilih untuk menghapus informasi pembayaran Anda, kami akan menghapus informasi pengiriman dan token pembayaran Anda yang tersimpan dari semua penyedia dan meminta penyedia pembayaran untuk menghapus informasi kartu kredit Anda yang mereka simpan.

7.5. Sengketa Pembayaran

Karena Telegram tidak menyimpan detail kartu kredit atau informasi transaksi, tidak mungkin bagi kami untuk menangani keluhan atau pengembalian kas – pembayaran yang disengketakan adalah tanggung jawab pengembang bot, penyedia pembayaran, dan bank yang berpartisipasi dalam pertukaran.


8. Dengan Siapa Data Pribadi Anda Dapat Dibagikan

8.1. Pengguna Telegram lainnya

Pengguna lain dari Layanan kami yang Anda pilih untuk berkomunikasi dan berbagi informasi tertentu, yang mungkin berlokasi di luar EEA. Perhatikan bahwa dengan masuk ke dalam Ketentuan Layanan dan memilih untuk berkomunikasi dengan pengguna Telegram lainnya, Anda menginstruksikan kami untuk mentransfer data pribadi Anda, atas nama Anda, kepada pengguna tersebut sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Kami menerapkan semua tindakan teknis dan organisasi yang sesuai (termasuk enkripsi data pribadi Anda) untuk memastikan tingkat keamanan data pribadi Anda yang sesuai dengan risikonya.

8.2. Grup Telegram Perusahaan

Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan: (1) perusahaan induk kami, Telegram Group Inc, yang berlokasi di Kepulauan Virgin Britania Raya; dan (2) Telegram FZ-LLC, anggota grup yang berlokasi di Dubai, untuk membantu menyediakan, meningkatkan, dan mendukung Layanan kami. Kami akan menerapkan pengamanan yang sesuai untuk melindungi keamanan dan integritas data pribadi tersebut. Ini akan berbentuk klausul kontrak standar yang disetujui oleh Komisi Eropa dalam perjanjian antara kami dan perusahaan grup terkait kami. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai klausul ini, silakan hubungi kami menggunakan rincian di bagian 12 di bawah ini.

8.3. Otoritas penegak hukum

Jika Telegram menerima perintah pengadilan yang mengonfirmasi bahwa Anda adalah tersangka teror, kami dapat mengungkapkan alamat IP dan nomor telepon Anda kepada otoritas terkait. Sejauh ini, ini tidak pernah terjadi. Jika demikian, kami akan memasukkannya ke dalam laporan transparansi setengah tahunan yang dipublikasikan di: https://t.me/transparency.


9. Hak Anda Terkait Data Pribadi yang Anda Berikan kepada Kami

9.1. Hak Anda

Berdasarkan undang-undang perlindungan data yang berlaku, dalam keadaan tertentu, Anda memiliki hak terkait data pribadi Anda. Anda berhak untuk: (1) meminta salinan semua data pribadi Anda yang kami simpan dan mengirimkan salinan tersebut ke pengontrol data lain; (2) menghapus (lihat bagian 10 di bawah) atau mengubah data pribadi Anda; (3) membatasi, atau menolak, pemrosesan data pribadi Anda; (4) memperbaiki data pribadi Anda yang tidak akurat atau tidak lengkap yang kami simpan; dan (5) mengajukan keluhan kepada otoritas perlindungan data nasional mengenai pemrosesan data pribadi Anda oleh kami.

9.2. Menjalankan Hak Anda

Jika Anda ingin menggunakan salah satu dari hak-hak ini, silakan hubungi kami menggunakan rincian di bagian 12 di bawah ini.

9.3. Pengaturan Data

Anda dapat mengontrol bagaimana data Anda digunakan (misalnya, menghapus kontak yang disinkronkan) di Pengaturan > Privasi & Keamanan > Pengaturan Data (menggunakan salah satu aplikasi seluler kami).

Sayangnya, jika Anda tidak setuju dengan persyaratan minimum Telegram yang sederhana, kami tidak dapat menyediakan Layanan kami untuk Anda. Anda dapat menghapus akun Telegram Anda dengan melanjutkan ke halaman penonaktifan.


10. Menghapus Data

10.1. Akun

Jika Anda ingin menghapus akun Anda, Anda dapat melakukannya di halaman penonaktifan. Menghapus akun Anda akan menghapus semua pesan, media, kontak, dan setiap bagian data lain yang Anda simpan di cloud Telegram. Tindakan ini harus dikonfirmasi melalui akun Telegram Anda dan tidak dapat dibatalkan.

10.2 Pesan

Dalam obrolan rahasia, menghapus pesan selalu menginstruksikan aplikasi di ujung lain untuk menghapusnya juga.

Dalam cloud obrolan, Anda dapat memilih untuk menghapus pesan untuk semua peserta dalam waktu setidaknya 48 jam setelah pengiriman. Jika tidak, menghapus pesan akan menghapusnya dari riwayat pesan Anda. Ini berarti bahwa salinan akan tetap berada di server sebagai bagian dari riwayat pesan mitra Anda. Segera setelah mitra Anda menghapusnya juga, itu hilang selamanya.

Pada versi 5.5, pihak mana pun dapat memilih untuk menghapus pesan apa pun dalam obrolan satu lawan satu, baik yang dikirim maupun diterima, untuk kedua belah pihak. Tidak ada batasan waktu. Pihak mana pun juga dapat memilih untuk menghapus seluruh riwayat obrolan untuk kedua belah pihak, dalam hal ini aplikasi akan diinstruksikan untuk menghapus semua pesan dalam obrolan itu, namun banyak di antaranya masih disimpan oleh salah satu peserta. Di supergrup dan saluran, menghapus pesan akan menghapusnya untuk semua peserta.

Perhatikan bahwa pesan yang dihapus dan versi asli dari pesan yang diedit dari supergrup disimpan selama 48 jam setelah penghapusan agar dapat ditampilkan di log admin.

10.3. Pesan yang Menghancurkan Diri Sendiri

Pesan dalam Obrolan Rahasia dapat dipesan untuk dihancurkan sendiri. Segera setelah pesan tersebut dibaca (2 tanda centang muncul), hitungan mundur dimulai. Ketika penghitung waktu berakhir, kedua perangkat yang berpartisipasi dalam obrolan rahasia diinstruksikan untuk menghapus pesan (foto, video, dll.). Media dengan penghitung waktu singkat (kurang dari satu menit) ditampilkan dengan pratinjau buram. Timer dipicu saat dilihat.

10.4. Penghancuran Sendiri Akun

Secara bawaan, jika Anda berhenti menggunakan Telegram dan tidak online setidaknya selama 6 bulan, akun Anda akan dihapus bersama dengan semua pesan, media, kontak, dan setiap bagian data lain yang Anda simpan di cloud Telegram. Anda dapat pergi ke Pengaturan untuk mengubah periode yang tepat setelah akun tidak aktif Anda akan hancur sendiri.


11. Perubahan Kebijakan Privasi ini

Kami akan meninjau dan dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Setiap perubahan pada Kebijakan Privasi ini akan berlaku efektif ketika kami memposting Kebijakan Privasi yang direvisi di halaman ini www.telegram.org/privacy . Silakan periksa situs web kami sesering mungkin untuk melihat pembaruan atau perubahan apa pun pada Kebijakan Privasi kami, ringkasannya akan kami uraikan di bawah ini.

25 Maret 2019

Diperluas [ketentuan 10.2. Menghapus Pesan] dengan data pada fitur baru di versi 5.5, yang memungkinkan kedua peserta menghapus pesan apa pun dari obrolan satu lawan satu untuk kedua belah pihak tanpa batas waktu.

24 Maret 2021

Ditambahkan ketentuan 3.5. Data Lokasi. Struktur yang ditingkatkan, memindahkan ketentuan 3.3.5 ke ketentuan 3.4 dan ketentuan 3.3.6 ke ketentuan 3.6.

26 Oktober 2021

Diperluas ketentuan 5.6. Tidak Ada Iklan Berdasarkan Data Pengguna dengan informasi tentang pesan bersponsor di saluran publik. Perubahan penting yang dilakukan pada Kebijakan Privasi ini akan diberitahukan kepada Anda melalui Telegram.


12. Pertanyaan dan kekhawatiran

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang privasi dan kebijakan data kami, silakan hubungi @GDPRbot kami. Gunakan perintah /access untuk mempelajari cara mendapatkan salinan data Telegram Anda dan gunakan perintah /contact untuk meninggalkan permintaan, yang akan kami jawab sesegera mungkin.

Telegram adalah proyek sumber terbuka. Anda dapat memeriksa informasi lebih lanjut tentang kami:

API di: https://core.telegram.org/api;

Platform Bot di: https://core.telegram.org/bots;

Protokol di: https://core.telegram.org/mtproto;

dan

Kode Sumber di: https://telegram.org/apps#source-code.


YUKOM CHAT PRIVACY POLICY

1. Introduction

This Privacy Policy sets out how we, PT. Unggul Cipta Teknologi (“UCT”), use and protect your personal data that you provide to us, or that is otherwise obtained or generated by us, in connection with your use of our cloud-based messaging services (“YUKOM CHAT”). For the purposes of this Privacy Policy, ‘we’, ‘us’ and ‘our’ refers to UCT, and ‘you’ refers to you, the user of YUKOM CHAT.

1.1. 3rd Party Application

YUKOM CHAT is a messaging application utilizing Telegram Messenger Inc.’s (“Telegram”) source code and therefore consists of 2 messaging platforms which are Telegram and VMA. All personal data inputted or generated in Telegram will be stored in Telegram’s server and therefore follow Telegram’s Privacy Policy.

1.2. VMA Platform

YUKOM CHAT’s main function is to allow users using YUKOM CHAT application on their smartphones to send and receive messages with UCT’s marine electronic devices called Vessel Multi Aid (VMA).


2. Legal Ground for Processing Your Personal Data

We process your personal data on the ground that such processing is necessary to further our legitimate interests (including providing effective and innovative services in YUKOM CHAT for our users) unless those interests are overridden by your interest or fundamental rights and freedoms that require protections of personal data.


3. What Personal Data We Use

3.1. Basic Account Data

In order to use the services of YUKOM CHAT, you provide your google account and phone number to create your Telegram account or sign in using your existing Telegram account. UCT will only save your corresponding google account information in our server to generate a unique YUKOM CHAT ID, that will be a unique identifier for using the VMA platform.

3.2. Gallery and Camera

Access for gallery and camera is requested in YUKOM CHAT to enable YUKOM CHAT users to scan the QR code inscribed on the Vessel Multi Aid to retrieve the device’s own unique YUKOM CHAT ID. By doing so the user can add that device as one of its contacts on their VMA platform. The user can also share the YUKOM CHAT ID of said device via other means so other users of YUKOM CHAT can add the device as on if its contacts on their VMA platform.

3.3. Cloud Chats

YUKOM CHAT’s VMA platform is a cloud service that can only send and receive text messages, and it does not store messages from your cloud chats on our servers unless the recipient did not receive your message due to being offline, then we will store the message up to 24 hours and send it automatically to the recipient if they become online. All other chats are deleted automatically in our server after being sent.

3.4. Location Data

YUKOM CHAT’s VMA platform does not collect or store any type of location data.


4. Keeping Your Personal Data Safe

4.1. Storing Data

Your data is stored in UCT’s servers and networks located in UCT’s headquarters. All data is stored heavily encrypted so that local UCT engineers or physical intruders cannot get access.

4.2. Retention

Unless stated otherwise in this Privacy Policy, the personal data that you provide us will only be stored for as long as it is necessary for us to fulfill our obligations in respect to YUKOM CHAT’s services.


5. No Ads Based on User Data

We don't use your data for ad targeting or other commercial purposes. YUKOM CHAT only stores the information it needs to function as a cloud-based messaging service.


6. Who Your Personal Data May Be Shared With

6.1. Other YUKOM CHAT Users in VMA Platform

Other users of YUKOM CHAT with whom you choose to communicate with and share certain information. Note that by choosing to communicate with such other users of YUKOM CHAT, you are instructing us to transfer your personal data, on your behalf, to those users in accordance with this Privacy Policy.

6.2. Telegram

YUKOM CHAT uses Telegram’s source code, which means that all personal data inputted or generated in YUKOM CHAT’s Telegram platform will be processed and stored in Telegram’s server. Telegram’s Privacy Policy can be found here at https://telegram.org/privacy.

6.3. Law Enforcement Authorities

If YUKOM CHAT receives a court order that confirms you're a terror suspect, we may disclose your google account to the relevant authorities.


7. Your Rights Regarding the Personal Data You Provide to Us

7.1. Your Rights

Under applicable data protection legislation, in certain circumstances, you have rights concerning your personal data. You have a right to: (1) request a copy of all your personal data that we store and to transmit that copy to another data controller; (2) delete (see section 8 below) or amend your personal data; (3) restrict, or object to, the processing of your personal data; (4) correct any inaccurate or incomplete personal data we hold on you; and (5) lodge a complaint with national data protection authorities regarding our processing of your personal data.

7.2. Exercising Your Rights

If you wish to exercise any of these rights, kindly contact us using the details in section 10 below.


8. Deleting Accounts and Your Personal Data

If you would like to delete your account, you can do this by kindly contact us using the details in section 10 below and we will delete not only your Account but all of your personal data.


9. Changes to this Privacy Policy

We will review and may update this Privacy Policy from time to time. Any changes to this Privacy Policy will become effective when we post the revised Privacy Policy on this page https://uct.co.id./privacy/ychat. Please check our website frequently to see any updates or changes to our Privacy Policy.


10. Questions and concerns

If you have any questions about privacy and our data policies, please contact us at info@yukom.id.


TELEGRAM PRIVACY POLICY

1. Introduction

This Privacy Policy sets out how we, Telegram Messenger Inc. (“Telegram”), use and protect your personal data that you provide to us, or that is otherwise obtained or generated by us, in connection with your use of our cloud-based messaging services (the “Services”). For the purposes of this Privacy Policy, ‘we’, ‘us’ and ‘our’ refers to Telegram, and ‘you’ refers to you, the user of the Services.

1.1 Privacy Principles

Telegram has two fundamental principles when it comes to collecting and processing private data: We don’t use your data to show you ads. We only store the data that Telegram needs to function as a secure and feature-rich messaging service.

1.2. Terms of Service

This Privacy Policy forms part of our Terms of Service, which describes the terms under which you use our Services and which are available at https://telegram.org/tos. This Privacy Policy should therefore be read in conjunction with those terms.

1.3. Table of Contents

This Privacy Policy explains the following: the legal basis for processing your personal data; what personal data we may collect from you; how we keep your personal data safe; what we may use your personal data for; who your personal data may be shared with; and your rights regarding your personal data.

1.4. EEA Representative

If you live in a country in the European Economic Area (EEA), the Services are provided by Telegram, which for the purposes of applicable data protection legislation is the data controller responsible for your personal data when you use our Services. However, as Telegram is located outside the EEA, we have designated one of our EEA-based group companies, Telegram UK Holdings Ltd (71-75 Shelton Street, Covent Garden, London, England, WC2H 9JQ), as a representative to whom you may direct any issues you have relating to our processing of your personal data.


2. Legal Ground for Processing Your Personal Data

We process your personal data on the ground that such processing is necessary to further our legitimate interests (including: (1) providing effective and innovative Services to our users; and (2) to detect, prevent or otherwise address fraud or security issues in respect of our provision of Services), unless those interests are overridden by your interest or fundamental rights and freedoms that require protections of personal data.


3. What Personal Data We Use

3.1. Basic Account Data

Telegram is a communication service. You provide your mobile number and basic account data (which may include profile name, profile picture and about information) to create a Telegram account.

To make it easier for your contacts and other people to reach you and recognize who you are, the screen name you choose, your profile pictures, and your username (should you choose to set one) on Telegram are always public. We don't want to know your real name, gender, age or what you like.

We do not require your screen name to be your real name. Note that users who have you in their contacts will see you by the name they saved and not by your screen name. This way your mother can have the public name 'Johnny Depp' while appearing as 'Mom' to you and as 'Boss' to her underlings at work (or the other way around, depending on how these relationships are structured).

3.2. Your E-mail Address

When you enable 2-step-verification for your account or store documents using the Telegram Passport feature, you can opt to set up a password recovery email. This address will only be used to send you a password recovery code if you forget it. That's right: no marketing or “we miss you” bullshit.

3.3. Your Messages

3.3.1. Cloud Chats

Telegram is a cloud service. We store messages, photos, videos and documents from your cloud chats on our servers so that you can access your data from any of your devices anytime without having to rely on third-party backups. All data is stored heavily encrypted and the encryption keys in each case are stored in several other data centers in different jurisdictions. This way local engineers or physical intruders cannot get access to user data.

3.3.2. Secret Chats

Secret chats use end-to-end encryption. This means that all data is encrypted with a key that only you and the recipient know. There is no way for us or anybody else without direct access to your device to learn what content is being sent in those messages. We do not store your secret chats on our servers. We also do not keep any logs for messages in secret chats, so after a short period of time we no longer know who or when you messaged via secret chats. For the same reasons secret chats are not available in the cloud — you can only access those messages from the device they were sent to or from.

3.3.3. Media in Secret Chats

When you send photos, videos or files via secret chats, before being uploaded, each item is encrypted with a separate key, not known to the server. This key and the file’s location are then encrypted again, this time with the secret chat’s key — and sent to your recipient. They can then download and decipher the file. This means that the file is technically on one of Telegram’s servers, but it looks like a piece of random indecipherable garbage to everyone except for you and the recipient. We don’t know what this random data stands for and we have no idea which particular chat it belongs to. We periodically purge this random data from our servers to save disk space.

3.3.4. Public Chats

In addition to private messages, Telegram also supports public channels and public groups. All public chats are cloud chats (see section 3.3.1 above). Like everything on Telegram, the data you post in public communities is encrypted, both in storage and in transit — but everything you post in public will be accessible to everyone.

3.4. Phone Number and Contacts

Telegram uses phone numbers as unique identifiers so that it is easy for you to switch from SMS and other messaging apps and retain your social graph. We ask your permission before syncing your contacts.

We store your up-to-date contacts in order to notify you as soon as one of your contacts signs up for Telegram and to properly display names in notifications. We only need the number and name (first and last) for this to work and store no other data about your contacts.

Our automatic algorithms can also use anonymized sets of phone numbers to calculate the approximate number of potential contacts an unregistered phone number may have on Telegram. When you open the 'Invite friends' interface, we display the resulting statistics next to your contacts to give you an idea of who could benefit most from joining Telegram.

You can always stop syncing contacts or delete them from our servers in Settings > Privacy & Security > Data Settings.

If you are using Android, Telegram will ask you for permission to access your phone call logs (READ_CALL_LOG). If you grant this permission, Telegram will be able verify your account by transmitting a phone call instead of asking you to enter a code. Telegram uses this permission only to confirm receipt of the confirmation call by verifying the number in the call log.

3.5. Location Data

If you share a location in a chat, this location data is treated like other messages in cloud or secret chats respectively.

If you share your Live Location in any chat or turn on ’Make Myself Visible’ in People Nearby, Telegram will use your data to display your location to those users with whom you are sharing it, even when the app is closed – for as long as you keep these optional features activated.

3.6. Cookies

The only cookies we use are those to operate and provide our Services on the web. We do not use cookies for profiling or advertising. The cookies we use are small text files that allow us to provide and customize our Services, and in doing so provide you with an enhanced user experience. Your browser should allow you to control these cookies, including whether or not to accept them and how to remove them. You may choose to block cookies with your web browser, however, if you do disable these cookies you will not be able to log in to Telegram Web.


4. Keeping Your Personal Data Safe

4.1. Storing Data

If you signed up for Telegram from the UK or the EEA, your data is stored in data centers in the Netherlands. These are third-party provided data centers in which Telegram rents a designated space. However, the servers and networks that sit inside these data centers and on which your personal data is stored are owned by Telegram. As such, we do not share your personal data with such data centers. All data is stored heavily encrypted so that local Telegram engineers or physical intruders cannot get access.

4.2. End-to-End Encrypted Data

Your messages, media and files from secret chats (see section 3.3.2 above), as well as the contents of your calls and the data you store in your Telegram Passport are processed only on your device and on the device of your recipient. Before this data reaches our servers, it is encrypted with a key known only to you and the recipient. While Telegram servers will handle this end-to-end encrypted data to deliver it to the recipient – or store it in the case of Telegram Passport data, we have no ways of deciphering the actual information. In this case, we neither store nor process your personal data, rather we store and process random sequences of symbols that have no meaning without the keys which we don’t have.

4.3. Retention

Unless stated otherwise in this Privacy Policy, the personal data that you provide us will only be stored for as long as it is necessary for us to fulfill our obligations in respect of the provision of the Services.

5. Processing Your Personal Data

5.1. Our Services

Telegram is a cloud service. We will process your data to deliver your cloud chat history, including messages, media and files, to any devices of your choosing without a need for you to use third-party backups or cloud storage.

5.2. Safety and Security

Telegram supports massive communities which we have to police against abuse and Terms of Service violations. Telegram also has more than 400 million users which makes it a lucrative target for spammers. To improve the security of your account, as well as to prevent spam, abuse, and other violations of our Terms of Service, we may collect metadata such as your IP address, devices and Telegram apps you've used, history of username changes, etc. If collected, this metadata can be kept for 12 months maximum.

5.3. Spam and Abuse

To prevent phishing, spam and other kinds of abuse and violations of Telegram’s Terms of Service, our moderators may check messages that were reported to them by their recipients. If a spam report on a message you sent is confirmed by our moderators, your account may be limited from contacting strangers – temporarily or permanently. You can send an appeal using @Spambot. In case of more serious violations, your account may be banned. We may also use automated algorithms to analyze messages in cloud chats to stop spam and phishing.

5.4. Cross-Device Functionality

We may also store some aggregated metadata to create Telegram features (see section 5.5 below) that work across all your devices.

5.5. Advanced features

We may use some aggregated data about how you use Telegram to build useful features. For example, when you open the Search menu, Telegram displays the people you are more likely to message in a box at the top of the screen. To do this, we calculate a rating that shows which people you message frequently. A similar rating is calculated for inline bots so that the app can suggest the bots you are most likely to use in the attachment menu (or when you start a new message with “@”). To turn this feature off and delete the relevant data, go to Settings > Privacy & Security > Data Settings and disable “Suggest Frequent Contacts”.

5.6. No Ads Based on User Data

Unlike other services, we don't use your data for ad targeting or other commercial purposes. Telegram only stores the information it needs to function as a secure and feature-rich cloud service.

Telegram offers a tool for advertisers to promote their messages in public one-to-many channels, but these sponsored messages are based solely on the topic of the public channels in which they are shown. No user data is mined or analyzed to display ads or sponsored messages.


6. Bot Messages

6.1. Ecosystem

Telegram has an API that allows third-party developers to create bots. Bots are apps that look like special Telegram users: you can talk to them from your chat list, add them to groups or use a special “inline” interface to access their features. By performing any of these actions, you will be sending some of your data to the respective third-party bot developers.

6.2. How Bots Can Receive Data

You can send data to bot developers when you interact with their bots in one of these ways:

By sending messages to a bot.

By using an inline bot.

By participating in a group with a bot.

By pressing buttons in messages sent by a bot.

By paying for goods and services via bots (see section 7 below).

6.3. What Data Bots Receive

In any of the above cases, the developers of an automated user (bot) can get your public account data (see section 3.1 above): your screen name, username and profile picture(s).

Bots can also receive the following data when you interact with them.

Bots will obviously get your messages when you send them something.

If you click on links or buttons provided by the bot, the bot can potentially get your IP address (provided that it controls the website to which the link leads).

If the bot is a member of the same group with you, it may know you are a member.

When you start your message with the username of an inline bot (e.g. @gif) the interface transforms so that everything you type becomes a query to that bot. This query is sent to the bot so that it can provide its service. We will warn you about this the first time you use an inline bot.

Bots added to groups can operate in two modes: with access to messages in the group or without access. If the bot has access to messages, it can see everything that happens in the group. The interface clearly shows whether or not a bot has access to messages in groups.

6.4. Bots Are Not Maintained by Telegram

Other than our own bots, no other bots or third-party bot developers are affiliated with Telegram. They are completely independent from us. They should ask you for your permission before they access your data or you make it available to them.


7. Third Party Payment Services

7.1. Payment Information

The Payment Platform for Bots is available to users as of Telegram 4.0. Telegram does not process payments from users and instead relies on different payment providers around the world. It is the payment providers that handle and store your credit card details. Neither Telegram nor the merchants on the platform (bot developers) have access to this information. Although we work with payment providers they are completely independent from Telegram. Please study their relevant privacy policies before making your data available to them.

7.2. Credit Card Information

When making a purchase, you enter your credit card details into a form supplied by the payment provider that will be processing the payment, and this information goes directly to the payment provider's server. Your credit card information never reaches Telegram's servers. We do not access and do not store your credit card information. When you save your credit card info, it is saved on the respective payment provider's servers and the payment provider gives Telegram a token that you can reuse for future payments. It is not possible to reconstruct your credit card info from the token.

7.3 Shipping Information

When you enter shipping information in the process of placing an order, we send it directly to the merchant bot developer. We can store your shipping information for you if you choose to save it for future purchases. We will delete this information immediately if you ask us to.

7.4. Clearing Payment Information

You can clear all payment information associated with your account at any time by going to Telegram Settings > Privacy & Security > Data Settings and selecting ‘Clear Payment & Shipping Info’. If you choose to remove your payment information, we will delete your stored shipping info and payment tokens from all providers and ask the payment providers to remove your credit card information that they store.

7.5. Payment Disputes

Due to the fact that Telegram doesn't store any credit card details or transaction information, it is impossible for us to handle complaints or cashbacks – any disputed payments are the responsibility of the bot developers, payment providers, and banks that participated in the exchange.


8. Who Your Personal Data May Be Shared With

8.1. Other Telegram Users

Other users of our Services with whom you choose to communicate with and share certain information, who may be located outside the EEA. Note that by entering into the Terms of Service and choosing to communicate with such other users of Telegram, you are instructing us to transfer your personal data, on your behalf, to those users in accordance with this Privacy Policy. We employ all appropriate technical and organizational measures (including encryption of your personal data) to ensure a level of security for your personal data that is appropriate to the risk.

8.2. Telegram’s Group Companies

We may share your personal data with: (1) our parent company, Telegram Group Inc, located in the British Virgin Islands; and (2) Telegram FZ-LLC, a group member located in Dubai, to help provide, improve and support our Services. We will implement appropriate safeguards to protect the security and integrity of that personal data. This will take the form of standard contract clauses approved by the European Commission in an agreement between us and our relevant group companies. If you would like more information regarding these clauses, please contact us using the details in section 12 below.

8.3. Law Enforcement Authorities

If Telegram receives a court order that confirms you're a terror suspect, we may disclose your IP address and phone number to the relevant authorities. So far, this has never happened. When it does, we will include it in a semiannual transparency report published at: https://t.me/transparency.


9. Your Rights Regarding the Personal Data You Provide to Us

9.1. Your Rights

Under applicable data protection legislation, in certain circumstances, you have rights concerning your personal data. You have a right to: (1) request a copy of all your personal data that we store and to transmit that copy to another data controller; (2) delete (see section 10 below) or amend your personal data; (3) restrict, or object to, the processing of your personal data; (4) correct any inaccurate or incomplete personal data we hold on you; and (5) lodge a complaint with national data protection authorities regarding our processing of your personal data.

9.2. Exercising Your Rights

If you wish to exercise any of these rights, kindly contact us using the details in section 12 below.

9.3. Data Settings

You can control how your data is used (e.g., delete synced contacts) in Settings > Privacy & Security > Data Settings (using one of our mobile apps).

Sadly, if you're not OK with Telegram's modest minimum requirements, it won't be possible for us to provide you with our Services. You can delete your Telegram account by proceeding to the deactivation page.


10. Deleting data

10.1. Accounts

If you would like to delete your account, you can do this on the deactivation page. Deleting your account removes all messages, media, contacts and every other piece of data you store in the Telegram cloud. This action must be confirmed via your Telegram account and cannot be undone.

10.2. Messages

In secret chats, deleting a message always instructs the app on the other end to delete it too.

In cloud chats, you can choose to delete a message for all participants within at least 48 hours after sending. Otherwise, deleting a message will delete it from your message history. This means that a copy will stay on the server as part of your partner's message history. As soon as your partner deletes it too, it's gone forever.

As of version 5.5, any party can choose to delete any messages in one-on-one chats, both sent and received, for both sides. There is no time limit. Any party can also opt to clear the entire chat history for both parties, in which case the apps will be instructed to remove all messages in that chat, however many of them are still retained by either of the participants.

In supergroups and channels, deleting a message removes it for all participants. Note that deleted messages and original versions of edited messages from supergroups are stored for 48 hours after deletion in order to be shown in the admins log.

10.3. Self-Destructing Messages

Messages in Secret Chats can be ordered to self-destruct. As soon as such a message is read (2 checks appear), the countdown starts. When the timer expires, both devices participating in a secret chat are instructed to delete the message (photo, video, etc.). Media with short timers (less than a minute) are shown with blurred previews. The timer is triggered when they are viewed.

10.4. Account Self-Destruction

By default, if you stop using Telegram and do not come online for at least 6 months, your account will be deleted along with all messages, media, contacts and every other piece of data you store in the Telegram cloud. You can go to Settings to change the exact period after which your inactive account will self-destruct.


11. Changes to this Privacy Policy

We will review and may update this Privacy Policy from time to time. Any changes to this Privacy Policy will become effective when we post the revised Privacy Policy on this page www.telegram.org/privacy . Please check our website frequently to see any updates or changes to our Privacy Policy, a summary of which we will set out below.

March 25, 2019

Expanded [10.2. Deleting Messages] with data on the new features in version 5.5, which allow both participants to remove any messages from one-on-one chats for both sides without a time limit.

March 24, 2021

Added 3.5. Location Data. Improved structure, moving 3.3.5 to 3.4 and 3.3.6 to 3.6.

October 26, 2021

Expanded 5.6. No Ads Based on User Data with information about sponsored messages in public channels.

Important changes made to this Privacy Policy will be notified to you via Telegram.


12. Questions and concerns

If you have any questions about privacy and our data policies, please contact our @GDPRbot. Use the /access command to learn how to get a copy of your Telegram data and use the /contact command to leave a request, which we will answer at the earliest opportunity.

Telegram is an open source project. You can examine more information on our:

API at: https://core.telegram.org/api;

Bot Platform at: https://core.telegram.org/bots;

Protocol at: https://core.telegram.org/mtproto;

and

Source Code at: https://telegram.org/apps#source-code.